Tribratanewspapua.id  Polres Mappi – Usai apel pagi, seluruh personel Polres Mappi mendadak dicek Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Papua di Lapangan Polres Mappi, rabu (31/7/2019).

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dari anggota Polri, Bid Propam Polda Papua melakukan langkah awal dengan melaksanakan kegiatan Penegakkan dan Penertiban Disiplin (Gaktibplin) di seluruh Polres jajaran Polda Papua.

Ketua tim pemeriksa Bid Propam AKBP Hapry mengatakan, tujuan dari Gaktibplin ini adalah untuk mengantisipasi pelanggaran dan penyimpangan dari anggota Polri. Sasaran gaktibplin ini adalah sikap tampang, surat kelengkapan diri, mulai dari kepemilikan KTP, KTA, SIM, STNK dan kelengkapan kendaraan bermotor yang dikendarai baik dinas maupun pribadi.

“Kegiatan ini dilakukan secara dadakan agar setiap anggota Polres Mappi memiliki tanggung jawab secara moril akan tugasnya sebagai penegak hukum dan meningkatkan kedisiplinan. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran personel bahwa disiplin dalam diri itu sangat penting guna menunjang tugas di lapangan dan sebelum menertibkan pihak lain, dari kami pun harus lebih tertib dahulu,” tegas AKBP Hapry.

Dari hasil dari pemeriksaan, Tim Bid Propam menemukan pelanggaran beberapa personel yang dalam tatanan rambut tidak sesuai dengan petunjuk sikap tampang dan ada beberapa kelengkapan kendaraan dinas yang belum dilengkapi.

Sementara itu, Kapolres Mappi AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan S.I.K, M.I.K mengatakan ucapan terimakasih kepada Bid Propam Polda Papua yang sudah melakukan pemeriksaan terhadap Personel Polres Mappi. Karena hal tersebut dilakukan untuk menjaga penampilan dan sikap personel Polri khususnya di wilayah kerja Polres Mappi. Apalagi, masyarakat lebih menyenangi polisi yang berpenampilan menarik, gagah, dan humanis,” tutur Kapolres.

“Polisi adalah panutan masyarakat, sehingga setiap anggota harus berpenampilan baik, rapi, disiplin, dan tidak melanggar aturan untuk menarik simpati dan semoga ke depan pelayanan kepada masyarakat semakin profesional,’’ ujar Kapolres Mappi AKBP Agung.

Penulis: Humas Polres Mappi

Editor: Rei

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here