Jayapura –  Bhayangkari Polda Papua laksanakan lomba cipta busana Pesta Kain Batik, pembuatan masker dan Tas Belanja dalam rangka HKGB Ke-68 Tahun 2020 Bertempat di Aula Bhayangkari Dok V. Selasa (25/08/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Papua Ny. Pinta Yakobus Marjuki selaku Juri I, Lea Martha Griapon selaku Juri II, Andrew Tanardi B.Des selakui Juri III dan Pengurus Bhayangkari Daerah Papua serta pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari.

Dalam kesempatannya Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Papua mengucapkan terimakasih kepada Ibu-ibu cabang Bhayangkari sekalian karena sudah berpartisipasi dalam mengikuti lomba dalam rangka HKGB ke 68 Tahun ini.

“Keunikan serta keanekaragaman kain pesta, masker dan Tas adalah hasil kerajinan tangan ibu-ibu sekalian yang sudah susah payah membuat hasil semaksimal mungkin. Terus memberikan kreatifitas untuk menjadikan Bhayangkari semakin berinivosi dan maju melalui kerajinan tangan yang ibu-ibu buat, dan kepada para ibu-ibu yang mempunyai kreatifitas untuk terus berinovasi disamping menjalankan tugas sehari-harinya,” ujar Wakil Ketua Bhayangkari.

Disamping itu adapun saran dan masukan yang diberikan oleh Bapak Andrew Tanardi B.Des yang mengatakan bahwa hasil-hasil yang telah kami lihat secara kasat mata sudah bagus dan ada beberapa yang menarik, namun dalam .

Bapak Andrew Tanardi B.Des mengatakan dalam menjahit perlu diperhatikannya benang dan kainnya agar diserasikan sehingga terlihat lebih rapi kemudian pembuatan masker juga perlu diperhatikan tali dan ukurannya, pentingnya ke-2 hal tersebut sehingga ada nilai jualnya kerajinan ibu-ibu sekalian, untuk pembuatan tas perlunya daya tarik yang lebih menarik, contohnya melalui warna dan bentuk tas yang dibuat sehingga terlihat bagus dan unik ketika di gunakan.

“Semoga masukan dan saran yang saya berikan kepada ibu-ibu dapat menjadi motivasi kedepan dalam memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil yang kami dapatkan dalam melakukan penilaian sebagai dewan Juri,” imbuh Bapak Andrew Tanardi B.Des.

Hasil penilaian ketiga dewan juri melalui penilaian busana pesta kain batik adalah: Juara 3 yang jatuh pada Bhayangkari Cabang Jayawijaya, Juara 2 Bhayangkari Cabang SPN dan Juara 1 diraih oleh Bhayangkari Cabang Mamberamo Tengah.

Selanjutnya hasil penilaian pembuatan tas belanja yang dijuari oleh Juara 3 Bhayangkari cabang Pegubin, Juara 2 Bhayangkari canang Marauke dan Juara 1 didapatkan oleh Bhayangkari cabang Keerom.

Dan untuk penilaian pembutan masker di juari antara lain, Juara 3 Bhayangkari cabang Pegubin, Juara 2 Bhayangkari cabang SPN dan Jurara 1 direbut olehBhayangkari cabang Jayawijaya.

Kegiatan lomba penilaian busana pakaian batik, masker dan tas belanja selesai dilanjutkan pemberian tali asih kepada 2 dewan juri yang diberikan langsung oleh Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Papua Ny. Pinta Yakobus Marjuki, kemudian lomba dilanjutkan kembali dengan pembuatan aksesoris Mahkota Papua Drs. Cliford Korwa M,Pd selaku juri I, Elsina Kaiway SST, PAR, M,Pd selaku juri II, dan Ketua Panitia HKGB Ny. Dyah M. Nasihin.

Elsina Kaiway selaku dewan juri menambahkan bahwa semua sudah baik tetapi kembali lagi kita melihat ini adalah lomba dan akan di pilih yang terbaik dari yang baik dan pemilihan ini adalah hasil mutlak dewan juri yang akan nanti kami bacakan.

“Ini adalah aset budaya, ketika membuat aksesoris utamakan menggunakan ciri khas wilayahnya dengan mengutamakan nilai-nilai dan bentuk dari pada pembuatan mahkota papua itu sendiri, saya rasa ini yang dapat saya sampaikan untuk kedepannya semoga ibu-ibu sekalin bisa terus membuat kreatifitas seperti sekarang.

Di penghujung perlombaan, pengumuman pembuatan aksesoris mahkota Papua dengan juara antara lain Juara 3 diisi oleh Bhayangkari cabang Supiori, Juara 2 oleh Bhayangkari cabang Mimika dan Juara 1 diambil oleh Bhayangkari cabang Jayapura kota.

(HMS:ARP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here