Jayapura – Menjelang peringatan hari Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2020 nanti, bertempat di Lapangan Apel Mapolda Papua telah dilaksanakan acara Bhakti Sosial serentak dengan Tema “Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif” yang dipimpin langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, Jumat (26/6).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marjuki, Danrem 172/PWY, Dandenpomdam Jayapura, Kasatpol PP Prov Papua, Asop Lantamal X, Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Papua, PJU Polda Papua, Perwakilan Komnas HAM Papua, Wakil Ketua PD Bhayangakari Papua, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tamu undangan.

Dirlantas Polda Papua selaku Ketua Pelaksana Bhakti Sosial dalam rangka hari Bayangkara ke 74 tahun 2020 dalam kesempatannya mengatakan bahwa pelaksanaan Bhakti Sosial pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana hal terseut disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang melanda dunia dan juga bangsa akibat adanya pandemi Covid–19.

“Sesuai arahan Bapak Kapolri dan Bapak Kapolda tahun ini kegiatan Bhakti Sosial difokuskan dengan membantu saudara-saudara kita yang terdampak langsung dengan pandemi Covid-19. Kegiatan penyaluran bantuan-bantuan berupa sembako, bantuan tunai, SIM gratis, dan juga berupa alat pelindung diri (APD) seperti masker, hand sanitizers, kelengkapan cuci tangan dan pemeriksaan Tapid test maupun Swab test,” ucap Dirlantas Polda Papua.

Lanjut dikatakannya, kegiatan Bhakti Sosial tersebut dilaksanakan dalam 3 tahap yakni, tahap satu dilaksanakan sebelum tgl 26 Juni 2020, tahap 2 dilaksanakan 26 -30 Juni 2020 dan tahap ke 3 pasca atau setelah hari Bhayangkara ke-74 tanggal 1 Juli 2020.

“Pada tahap 1, kita telah melaksanakan Bhakti Sosial dengan rincian hasil, sebagai berikut Pendistribusian sembako ke 23 komunitas sebanyak 44.027 orang/kepala keluarga, Pembagian nasi bungkus sebagai karya dapur lapangan Prajurit dan Bhayangkara kita TNI-Polri sebanyak 49.827 bungkus. Pembagian APD masker 17.000 buah, sarung tangan 200 buah, hand sanitizer 3.500 buah, vitamin 90 paket, Rapid test 2.600 orang, Penyaluran uang tunai tahap 1 melalui program keselamatan berlalu lintas kepada 4.356 pengemudi Rp. 600.000,- yang disalurkan lewat BRI dengan total Rp. 2.613.600.000, dan Donor darah sebanyak 360 orang,” terang Dirlantas Polda Papua.

Selain itu, ada juga kegiatan pembuatan SIM gratis yang sampai dengan sekarang baru terdapat 6 orang yang lahir pada tanggal1 Juli. Berlanjut pada tahap 2 yang sekarang akan laksanakan mulai hari ini, yakni pendistribusian sembako sebanyak 2.725 paket yang akan didistribusikan dari tanggal 26-30 Juni 2020 kepada 23 komunitas yang berdampak langsung pandemi Covid-19.

“Kami ucapkan terima kasih atas bantuan para donatur yang telah membantu baik material, moril maupun tenaga yang telah diberikan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” tambah Dirlantas Polda Papua.

Kapolda Papua mengucapkan banyak terima kasih kepada hadirin yang telah berpartisipasi langsung dalam rangka pemberian bantuan sosial pada hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020 dan semoga berkenan untuk menerima bantuan dari Kepolisian.

“Hari ini kami akan menyerahkan paket Bansos yang kami salurkan dari Polda Papua sebanyak 800 paket dan Polres Jajaran sebanyak 1.925 paket dengan total keseluruhan 2.725 paket. Polri harus hadir ditengah-tengah masyarakat, kita bekerja baik belum tentu dinilai baik oleh masyarakat apalagi tidak bekerja baik oleh karena itu teruslah berbuat kebaikan,” tutur Kapolda Papua.

Kapolda Papua juga mengajak kepada seluruh partisipan yang berbahagia untuk selalu mengucap syukur bahwa masih diberikan kesempurnaan dan anugrah sehingga masih dapat beraktifitas.

“Di wilayah kita (Jayapura) masih banyak penyandang disabilitas, dan sebagian saudara kita yang disabilitas mereka sangat terbatas apalagi dengan kondisi Covid–19 saat ini, untuk itu mari yang lebih bantu sesama dengan yang lain. Kita tidak perlu kejar hanya berdasar formalitas, kita bekerja siang dan malam dan kapan saja demi kemanusiaan, kiranya Tuhan memberkati kita semua,” tutup Kapolda Papua.

(Humy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here