Jayapura – Bertempat di Ball Room Atuma Kuri Hotel Suni Garden Lake, Sentani Kabupaten Jayapura telah dilaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial dan Video Conference Panglima TNI Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto, S.IP dan Kapolri yang diwakili oleh Irwasum Polri, Komjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto bersama para tokoh agama Se-Provinsi Papua dan Papua Barat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP., MH (Secara Virtual), Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano, MM (Secara Virtual), Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si (Secara Virtual), Pangkogabwilhan III Letjen TNI Ganip Warsito, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni, Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad, Kababek TNI Brigjen Gunawan, Pangkoops AU III, Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A, Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Danrem 172/PWY, Brigjen TNI Izak Pangemanan M. Han, Danlantamal X Jayapura, Laksma TNI Yeheskiel Katiandago SE.MM.,MH, Danlanud Silas Papare, Marsma TNI Dr. Budi Achmadi, M.Sc, Asops Kapolri Brigjen Pol Imam Sugianto, Karo Penmas Brigjen Pol Drs Rusdi, Kapolda Papua yang diwakili oleh Irwasda Polda Papua Kombes Pol Alfred Papare S.IK, PJU Utama Jajaran Polda Papua dan Kodam XVII/Cenderawasih serta para tokoh agama, tokoh masyarakat dan Forkopimda Provinsi Papua dan Papua Barat.

Sekitar pukul 14:30 WIT Panglima TNI Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto, S.IP dan Irwasum Polri beserta rombongan tiba di hotel Suni Garden Lake Sentani selanjutnya memasuki ball room Atuma Kuri hotel Suny Garden Lake.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Ketua Klasis GKI Kota Jayapura, Pdt. Karlos Mano M.Th.

Sambutan Ketua FKUB Prov. Papua, Pdt. Lipius Biniluk, M.Th yang mengatakan, “Dalam hidup ini apapun yang kita lakukan berbeda- beda termasuk doktrin yang kita terima pasti berbeda-beda tetapi dengan adanya perbedaan itu kita bisa membuat persatuan lebih kuat karena kita bisa saling menghargai setiap perbedaan yang terjadi diantara kita.”

Sampai dengan saat ini Forum Kerukunan Umat Beragama di Papua berjalan dengan lancar karena masyarakat bisa saling menghargai perbedaan agama yang ada dan juga hidup dengan aman dan damai dalam perbedaan keyakinan yang ada.

“Kami sudah sampaikan kepada seluruh masyarakat jangan sampai ada konflik di tanah Papua yang timbul karena agama. Kita masih ada karena kerja keras dari tokoh lintas agama dan para tokoh Gereja sehingga sebanyak 257 (Dua ratus lima puluh tujuh) suku di Papua bisa berdamai, hidup bersama dan saling mengenal karena agama,” tutur Ketua FKUB.

Dalam pelaksanaan vaksinasi TNI-Polri akan dilibatkan di wilayah perkotaan maupun wilayah yang jauh sehingga kami harapkan kepada pemerintah daerah dan tokoh agama untuk mendukung pelaksanaan tugas ini dengan cara memberikan penjelasan mengenai pentingnya vaksinasi sehingga masyarakat bisa memahami pentingnya vaksinasi Covid-19.

Saya sampaikan bahwa pemerintah sudah mengeluarkan Keprek No. 20 tahun 2020 tenang tim koordinasi terpadu di Provisi Papua dan Papua Barat yang diketahui oleh Wakil Presiden, hal tersebut menjadi bukti bahwa Presiden serius untuk memajukan Papua dan Papua Barat.

Pemerintah juga menjaga Kualitas kehidupan di Papua agar masyarakat Papua dan Papua Barat mampu membangun daerahnya sendiri, saya yakin Papua dan Papua barat bisa maju karena Papua dan Papua Barat mempunyai aspek yang memenuhi untuk menjadikan mereka lebih maju. Mari kita bersatu membangun Papua dan Papua Barat agar semakin sejahtera dan maju.

Dalam kesempatannya Panglima TNI mengatakan, “saat ini Pemerintah Pusat sedang mengerjakan 3 program, yaitu bidang Kesehatan dengan mendapatkan vaksi dan pelayanan lainnya, kedua pelayanan sosial dan yang paling penting pemilihan ekonomi Nasional. Apa yang telah disampaikan dari tadi bukanlah hanya pemanis, namun kita tetap kerjakan dan sedang kita laksanakan.”

“Sudah menjadi program pemerintah dengan prioritas utama tiga program tadi, sehingga akan menjadi pondasi untuk program pembangunan lainnya. Kesemuanya itu akan didukung dengan kepatuhan dan disiplin protokol kesehatan 3 M. Sehingga diperlukan kesadaran kolektif dengan disosialisasikan oleh tokoh agama. Selanjutnya akan dilaksanakan vaksinasi ke seluruh masyarakat Indonesia. Akan divaksinasi sebanyak 128 juta masyarakat dengan target 1 tahun pelaksanaan,” tutur Panglima TNI.

Dalam sambutannya Irwasum Polri Komjen Pol Drs Agung Budi Maryoto mengatakan, “Kegiatan ini merupakan momentum yang penting bagi kita untuk meningkatkan semangat kebersamaan, kerukunan serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Hari ini saya bersama bapak Panglima TNI dating ke Jayapura dalam rangka mengecek perkembangan dan penanganan Covid-19 serta monitoring situasi Kamtibmas pasca pelaksanaan Pilkada serentak di Provinsi Papua dan Papua Barat.”

Irwasum Polri juga mengajak bapak dan ibu dan para tokoh agama serta seluruh komponen masyarakat Papua dan Papua Barat untuk senantiasa bergandengan tangan dalam membantu tugas TNI-Polri dalam menggelorakan semangat kebersamaan, kerukunan dan persaudaraan ditengah kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan sembako, swab Antigen dan APD oleh Panglima TNI didampingi Irwasum Kapolri kepada Unsur Perwakilan Pimpinan Gereja, Komandan Den Kesyah Kodam XVII/Cenderawasih Waena dan Karumkit Bhayangkara Polda Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here