Tolikara – Kepanikan Masyarakat Tolikara dalam hal Pandemi Covid – 19 ditanah Papua, Wakil Bupati dan Kapolres AKBP Leonard Akobiarek menampung aspirasi dan memberikan arahan bertempat di Pasar mama – mama Karubaga. Kamis (16/04/2020).

Setelah dilakukannya pembagian makanan kepada Warga, Beberapa masyarakat Karubaga beraspirasi didepan Wakil bupati Dinus Wanimbo yang disaksikan langsung Tim Gabungan Satgas Covid – 19 kab. Tolikara.

Aspirasi tersebut disampaikan oleh Beberapa masyarakat diantaranya :

1. Pemerintah harus tegas dalam mencegah masuknya virus di Tolikara, kami meminta kepada Bapak Wakil Bupati untuk segera menutup permanen jalan menuju Tolikara, ini semua demi keselamatan kita semua.

2. Bagi para pedagang kios agar tidak menaikan harga, kami sangat resah karena harga sembako sudah mulai naik, hal ini kami sampaikan agar pemerintah dan kepolisian segera bertindak.

3. Untuk dana desa dan Gaji pegawai kami meminta agar segera dicairkan, tanpa uang tersebut kami sekeluarga tidak bisa makan, tidak bisa beli sembako dan lainnya.

4. Dan terakhir Kami tidak mau gereja di tutup permanen, karena itu rumah tuhan, kami semua mau beribadah di Gereja”

Mengenai Aspirasi Masyarakat tersebut Wakil Bupati Tolikara Dinus Wanimbo dan Kapolres AKBP Leonard Akobiarek mengucapkan terimah kasih kepada masyarakat yang sudah memberikan Aspirasi, masukan dan Saran masyarakat, Mengenai Penutupan Jalan Kami pemerintah dan juga TNI-Polri sudah lakukan yaitu bertempat di Distrik Poganeri yang merupakan pintu masuk menuju 2 Kabupaten Yaitu Kab. Tolikara dan Puncak Jaya yang mana hari ini sudah mulai di jaga oleh Anggota TNI-Polri sebanyak 30 Personel, mengenai penutupan permanen untuk saat ini belum diberlakukan dikarenakan kita semua masih membutuhkan Sembako, bila ditutup permanen maka 2 bulan kedepan kita akan kekurangan bahan makanan, sehingga Kendaraan yang membawa sembako dan Bahan Bangunan menuju Karubaga masih diijinkan, tetapi Kendaraan yang membawa masyarakat tidak diperbolehkan masuk dan dipulangkan.

“Bagi masyarakat yang mengetahui adanya para pedangan yang secara sembunyi sembunyi menaikan harga barang, saya perintahkan untuk segera melapor kepada saya dan Kapolres sehingga kami pemerintah dan TNI-Polri menindak tegas pedagang tersebut,” ujar Wakil Bupati.

Wakil Bupati juga menjelaskan Mengenai Dana Desa Dan Gaji Pegawai saya selaku Wakil Bupati akan segera memberitahu Bupati untuk segera di cairkan karena hal tersebut merupakan hak masyarakat.

“Mengenai Gereja saya hanya menyampaikan Peraturan Pemerintah untuk beribadah dirumah namun hal tersebut saya tidak melarang masyarakat untuk beribadah digereja, namun kita semua harus pahami dalam melaksanakan ibadah harus menjaga jarak 1 atau 2 meter dan menggunakan masker, saya juga akan memberitahu Pengurus gereja atau Ketua Klasis untuk selalu mengawasi umatnya dalam beribadah”
Tegas Wakil Bupati

Setelah mendengar Jawaban Wakil Bupati Dinus Wanimbo Seluruh masyarakat memberikan apresiasi yang sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Pemkab dan TNI-Polri yang sudah mendengarkan keluhan masyarakat tanpa dukungan dan kerja keras Pemerintah dan TNI-Polri kami masyarakat tidak bisa berbuat apa – apa dan hanya bisa berharap datangnya bantuan dari pemerintah”
Ujar masyarakatnya

Penulis : Humas Res. Tolikara

(HMS:EAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here