Jayapura – Bertempat di Lapangan SMA Negeri 1 Abepura, Dit Reskrimsus Polda Papua yang dipimpin oleh Panit III Subdit V Cyber Dit Reskrimsus Polda Papua Aipda Herman menjadi Pembina upacara bendera di SMA Negeri 1 Abepura, Senin (03/02).

Hadir selaku peserta upacara yakni, Kepala Sekolah dan Dewan Guru beserta para siswa dan siswi SMA Negeri 1 Abepura yang berjumlah 1662 orang. Dalam arahanya, Panit III Subdit V Cyber Dit Reskrimsus Polda Papua Aipda Herman menyampaikan ucapan terimakasih sekaligus permintaan maafnya.

“Tentunya kami sangat berterima kasih sekali, karena kami telah diberikan waktu untuk hadir dan bertatap muka langsung bersama siswa/siswi di sekolah SMA Negeri 1 Abepura ini. Kami juga mengaturkan permohonan maaf, dimana bapak Direktur Reskrimsus Polda Papua yang saat ini masih berhalangan hadir, sehingga kami diberikan mandat untuk menghadiri upacara bendera dan sekaligus mensosialisasikan Literasi Digital dan Cyber Security,” tutur Aipda Herman.

Lanjut dikatakannya, bahwa di era digital sekarang ini, menggunakannya Media Sosial amatlah penting selagi dapat di pergunakan dengan bijak pastinya akan mendapatkan manfaat nya, tetapi manakala tidak menggunakan dengan bijak maka pasti akan merugikan diri sendiri.

“Terkait dengan undang-undang ITE, ini adalah undang-undang yang melindungi adik-adik sekalian mana kala merasa dirugikan, dan apabila adik-adik melaporkannya, maka pasti akan kami proses di subdit V Siber Polri. Disini, adik-adik saat menshare apapun itu maka di harap berhati-hatilah, bila itu berguna maka silahkan dibagikan. Tetapi, pesan saya kepada adik-adik agar bijak lah dalam bermedia sosial serta berhati-hati dalam menggunakan Media Sosial jangan sampai adik-adik terjerumus dalam hal-hal Negatif yang merugikan diri sendiri maupun keluarga,” tambah Aipda Herman.

Untuk saat ini, Aipda Herman menuturkan bahwa ada indikasi penipuan dari Aplikasi We-Chat yang beredar di Facebook belakangan ini, diharapkan agar para siswa-siswi dapat menjadikan pembelajaran kedepan dalam menggunakan jejearing Sosial Media.

Kepala Sekolah SMA N 1 Abepura Musa Msiren, M. Pd., yang juga turut dalam sosialisasi tersebut bersama dewan Guru mengatakan bahwa upaya yang dilakukan Dit Reskrimsus Polda Papua dengan mengadakan Sosialisasi tersebut tentunya sangat baik untuk memberi pemahaman kepada generasi muda agar dapat menggunakan Media Sosial secara Bijak.

“Tentunya kegiatan Positif ini sangat bermanfaat dalam menambah wawasan para siswa-siswi ketika hendak berselancar di Plat Form Medisa Sosial. Mengingat, telah ada undang-undang yang mengatur terkait Transaksi Elektronik atau biasa disebut UU ITE,” ucap Kepala Sekolah

(Yoga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here