Tribratanews.papua.polri.go.id. Polres Mimika – Dalam rangka merayakan Hut RI ke 74 Tahun, Pemda Kab. Mimika bersama TNI dan Polri melaksanakan pembersihan kota. Jumat, (2/8/2019). Pagi.

Waka Polres Mimika Kompol I Nyoman Puni,S.Sos, menghadiri apel ini bersama dengan Forkopimda. Sekda Mimika Marthen Paiding dalam apel di hadapan ratusan ASN, Polr dan TNI menegaskan, Mimika harus bisa terbebas dari sampah dalam menyambut Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke- XIII Seluruh Tanah Papua dan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan berlangsung tahun 2020 mendatang.

“Kita selaku tuan rumah harus bisa menjaga kebersihan lingkungan disekitar kita tinggal, tempat kerja, kantor, pertokoan, dan kebersihan di dalam kota ini. Kebersihan itu dari kita dan untuk kita, kita bisa memulai dari hal-hal kecil,”ucap wakapolres.

Lanjut Wakapolres, Mengingat dua event besar ini Kab. Mimika akan menerima ribuan tamu undangan dari berbagai daerah sehingga sudah sepatutnya memberikan keadaan yang nyaman, bersih aman dan damai.  Sehingga jika para tamu dan peserta saat menginjakkan kaki di Mimika bisa merasa nyaman dan saat mereka kembali pulang juga dengan perasaan bahagia dan nyaman berada di Mimika yang kita cintai ini.

Pemerintah juga mengharapkan dukungan serta partisipasi masyarakat dengan kesadaran diri sendiri, karena untuk menciptakan daerah yang bersih dan aman dimulai dari lingkungan sekitar.  Sampah bisa berdampak negatif terhadap kesehatan, sosial ekonomi dimanan jika sampah terlalu banyak bisa menyebabkan bau tidak sedap dan  pemandangan yang buruk.

Selain itu juga, buang sampah ke parit atau kali bisa menyebabkan banjir serta akan memberikan dampak bagi fasilitas pelayanan umum seperti jalan, jembatan, dan lain-lain.

Pemerintah daerah dan kepolisian mengajak untuk semuanya membiasakan membuang sampah pada tempatnya, jangan menjadikan bumi sebagai tong sampah dunia.  Masyarakat bisa mengangkat sampah ditempat dimana berada, membersihkan rumput-rumput yang ada di emperan jalan, dan disekitar tempat rumah kita tinggal.

Penulis : Syane Patikayhattu.

Editor : Rey

Publish : Ren

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here