Jayapura – Wakapolda Papua Brigjen Pol. Mathius D. Fakhiri didampingi Pejabat Utama Polda Papua dan Tim Supervisi Ops Lilin Matoa 2020 Mabes Polri mengunjungi Pos Pengamanan Operasi Lilin Matoa 2020, Kamis (24/12).

Sekitar pukul 3 sore, Wakapolda bersama rombongan mengunjungi Pos pengamanan yang berada di Wilayah Kota Jayapura. Adapun Pos pengamanan yang dikunjungi antara lain Pos pengamanan Holtekam, Pos pengamanan Jembatan Merah, Pos pengamanan Depan Mega Waena, Pos pengamanan Depan Mega Abepura, dan Pos pengamanan Depan Mall Jayapura.

Selain melakukan kunjunganm, Wakapolda Papua juga memberikan bingkisan sembako dari Kapolda Papua serta memberikan motivasi dan semangat kepada para personil yang sedang melaksanakan tugas pengamanan.

Wakapolda Papua dalam kesempatannya menyampaikan bahwa kunjungannya ke Pos pengamanan untuk memastikan kesiap-siagaan personil yang terlibat dalam Operasi Lilin Matoa 2020 dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat baik itu aktifitas arus lalu lintas, pelaksanaan ibadah dan aktifitas masyarakat yang sedang berbelanja di pusat-pusat perbelanjaan maupun masyarakat yang sedang melaksanakan Liburan di tempat wisata serta mengedukasi masyarakat untuk tetap mentaati Protokol kesehatan Covid-19.

Pada prinsipnya mengingatkan kepada personil untuk selalu berkerja dengan baik dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dengan mengedepankan sikap-sikap yang humanis sehingga terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Tanah Papua.

Operasi Lilin Matoa 2020 dimulai sejak hari Senin tanggal 21 Desember 2020 kemarin sampai tanggal 4 Januari 2021. Operasi dilaksanakan dalam bentuk Operasi Kepolisian Terpusat dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan guna mencegah penyebaran wabah Covid-19 adalah bersifat terbuka dalam jenis Operasi pemeliharaan keamanan yang mengedepankan kegiatan pencegahan dengan didukung deteksi dan penegakan hukum serta dilaksanakan dengan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk pengamanan Ibadah malam kudus personil akan ditempatkan di beberapa gereja yang ada diseluruh Papua, guna kelancaran ibadah tersebut. Selain itu, pengamanan dilakukan untuk memastikan saat pelaksanaan ibadah sesuai dengan Protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Untuk di Kota Jayapura sendiri, akan ditempatkan oleh personil Polresta Jayapura Kota dan diback up oleh personil Polda Papua.

Tim Supervisi Ops Lilin Matoa 2020 Mabes Polri, Brigjen Pol. Drs. Bambang Priyambadha, S.H, M.Hum. mengatakan, “kami dari Mabes Polri hadir di Papua untuk memastikan bahwa pelaksanaan perayaan hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021, tetap menerapkan protokol kesehatan. Kami telah menyiapkan masker di Pos-pos Pengamanan untuk dibagikan kepada personil yang melaksanakan pengamanan dan masyarakat yang tidak menggunakan masker saat melakukan aktifitas selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here